REKAMAN & VIDEO CLIP MUSIK

Rekaman dengan Keyboard & music karaoke dgn Komputer(PC)

Bagaimana membuat ruang kerja, ruang santai menjadi studio rekaman

Posted by winhalwinard on June 11, 2011

Salam untuk para pecinta music Indonesia ….

Saya bukanlah seorang penyanyi tapi hanya senang mendengarkan music, walaupun begitu saya ingin merekam dan membuat video hasil rekaman teman2 di rumah. Katanya sih dengan happy dapat menghilangkan stress…. tul ngak…

Disini hanya berbagi ilmu dengan para bloger yang senang main musik dan membuat video rekaman sendiri, katanya sih.. perlu biaya banyak dari mulai rekaman sampai menjadi video, tapi menurut saya sih….. ngak perlu biaya banyak, hanya dengan kocek relatif sedikit atau dibilang tak perlu biaya karena perangkat yang kita pakai cukup alat audio yang ada di rumah plus PC (Personal Komputer).

Bagi para pecinta music udah pasti punya audio karoke di rumah dan untuk membuat rekamannya perlu sebuah PC dan untuk rekaman musik saja tidak perlu PC yang spesifikasi yang tinggi tapi perlu audinya. Tapi untuk para pecinta musik karoke dan dibuatkan videonya tentunya perlu spesifikasi PC yang tinggi. Nanti akan saya akan menampilkan tuturial hasil rekaman musik dan videonya…. sabar ya…???

Apalagi sih…. yang kita perlukan…dan berapa biaya yang akan di keluarkan?

Disini saya memakai perangkat keras apa sih untuk merekam …..

  • Tentunya PC (Personal Komputer) yang kebetulan saya pake Spefikasi PC yang tinggi karena saya membuat Video hasil Rekaman Musik plus dengan Videonya.. yang saya pake AMD Phenom(tm)  II X4 925 dengan memori 4 Gbit. Speksifikasi sangat kencang untuk membuat Video. Hardisk SATA 2 Tera, Grafik Videonya 1 G Bit.
  • Tentunya yang sangat penting adalah MIC untuk merekam. Kalau bisa dipake mic yang cukup bagus aga suara yng kita rekam memuaskan
  • DVD yang biasa saja tapi yang penting disini kalau kita pake mic kualitasnya suaranya baik.
  • Kabel Audio dan pilih kabel audio dengan kualitas yang baik.
  • Dan tak kalah penting adalah speker aktif yang dipilih adalah yang ada Bass, Treable dan usahakan kualitasnya bagus dan dirumah kalau punya Amplifier bisa digunakan untuk mendengarkan hasil rekanan kita.

Denga adanya perangkat keras di atas belum berarti apa2 tampa didukung perangkat lunaknya (sofware), disini saya pake sofwarenya :

  • PC saya memakai Windows XP SP3 karena OS ini cukup stabil dan cukup cepat dipake.
  • Untuk merekam musik apa sih yang akak saya pake…?, banyak sekali sofware gratis yang tersedia yang dapat digunakan, tapi kemapuan sofwarenya terbatas  dan disini saya gunakan untuk merekam adalah Wave LAB 6.0 & untuk update hasil rekaman saya gunakan Cubase SX3. \
  • Untuk membuat Video saya gunakan Pinacle 14 yang sangat mudah untuk membuat Video dan plugin yang tersedia sangat lengkap, terserah para pecinta musik mau menggunakan apa sesuai dengan kebiasaan dan selera masing2.

Dari semua perangkat keras dan lunak seperti diatas kita semua siap sharing dengan para pecinta musik semua. Apa2 yang pernah saya lakukan akan saya sharing dengan rekan2 semua dan syukur2 ada lagi guru yang lainnya yang dapat mengajarkan kita semua disini.

Sekarang marilah kita semua sharing disini…..

Leave a Reply

 
